Minggu, 04 Desember 2016

Tahukah anda kenapa manusia bisa bermimpi

Tahukah kamu mengapa manusia bisa bermimpi?Selamat Malam Sobat , Kali ini mimin mau sedikit share tentang Mimpi/Bunga tidurSobat pasti pernah bermimpi kan?Kita bisa mengalami mimpi ketika kita sedang tertidur dan seringkali mimpi itu menjadi sebuah pertanyaan yang membuat kita merasa penasaran.

Apa sebenarnya yang terjadi ketika kita sedang tertidur dan bermimpi?Biasanya kita akan mengalami yang namanya bermimpi setiap kali kita tertidur.Rata-rata orang yang tidur selama 8 jam akan mengalami mimpi sekitar 100 menit. Namun, tidak semua mimpi bisa diingat oleh orang tersebut, bahkan menurut penelitian 95% dari mimpi tida diingat oleh manusia.

Mimpi yang kita alami terjadi saat kita sedang dalamfase tidur REM (Rapid Eye Movement).Mimpi yang biasanya kita ingat itu adalah mimpi yang terjadi pada saat sebelum kita terbangun dari tidur.

Lalu, kenapa manusia bisa bermimpi?Otak adalah bagian tubuh yang membuat manusia bisa bermimpi. Panca indera kita memberikan informasi ke otak setiap hari dan kemudian otak mengatur apa saja yang akan dilakukan pada saat kita tertidur.Kemudian otak akan menterjemahkan informasi apasaja yang dia terima, misalnya mengenali rasa makanan yang kita makan, minuman yang kita minum, obyek yang kita lihat seharian, dan lainnya.

Walaupun panca indera kita tidak bekerja saat kita tertidur, namun otak tetap masih bekerja. Menurut para ahli otak justru bisa lebih aktif ketika manusia sedang bermimpi dibanding saat manusia beraktivitas.Otak kita bisa menciptakan imajinasi tanpa adanya peranan dari panca indera kita, inilah yang terjadi saat kita bermimpi.Otot-otot tubuh tidak aktif saat kita sedang bermimpi.

Ini mencegah orang yang bermimpi melakukan apa yang dilakukannya di dalam mimpi. Karena otot kita tidak aktif saat bermimpi maka kita tidak akan melakukan sesuatu yang dapat melukai diri sendiri atau orang lain.

Kadang-kadang kita bermimpi tentang masalah yang dihadapi dan cara menghadapi masalah tersebut.Misalnya kita bermimpi tentang masalah pekerjaan di kantor, dan kemudia kita menemukan cara menghadapi masalah tersebut di dalam mimpi kita. Inilah salah satu bukti bahwa otak kita masih terus bekerja dan berpikir pada saat kita sedang tertidur.

Selain itu, mimpi juga ternyata sangat penting untukproses perbaikan sel-sel tubuh manusia, membuang zat-zat yang tidak berguna, dan memulihkan otak kita.Otak memperbaiki diri dan melakukan reorganisasi saat kita sedang tertidur.Nah, jika kamu kurang tidur, maka kamu akan merasa kurang sehat atau pikiran terasa kacau. Tidur dan bermimpi bisa membuat pikiran kita menjadi lebih segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar