Selasa, 13 Desember 2016

Cara umum atasi smartphone androit mati

Untuk diketahui, masalah seperti itu ada dua sebabnya, bisa karena masalah software, dan bisa juga karena masalah hardware.

Untuk masalah software, bisa karena system corrupt, solusi awal bisa dengan melakukan recovery/ hard reset HP. Kalau ternya tetap gagal, maka itu biasanya karena firmware HP corrupt, jadi system gagal booting, solusinya bisa dengan melakukan flash ROM HP menggunakan komputer.

Oke, kira-kira itu saja masalahnya dari segi software, adapun dari segi hardware, bisa dengan memastikan terlebih dahulu bahwa arus power dan data ke port HP, masih terhubung (normal), caranya bisa dengan menghubungkan HP menuju komputer menggunakan kabel data ke komputer,

jika system dikomputer masih merespon adanya perangkat yang terhubung (cek pada jendela Device Manager untuk komputer Windows OS) sementara pada layar HP tidak ada tampilan apapun, maka itu artinya HP masih ada tanda-tanda kehidupan, belum sampai mati total,

solusi untuk masalah ini bisa dengan lepas semua baut dari case HP, kemudian kabel fleksibel kamera, layar, battery, dan lain sebagainya dari mainboard HP (sesuai jenis HP masing-masing),lalu bersihkan semua konektor menggunakan contact cleaner, tunggu sekitar satu jam, lalu pasang kembali semua, dan lihat hasilnya.

Jika ternyata system HP masih tetap tidak merespon, maka bongkar kembali semua, dan pastikan tombol power masih dalam keadaan normal menggunakan multimeter. Jika yakin normal namun tetap tidak menyala, maka sekarang baru ceksemua komponen pada jalur sirkuit power,

khususnya pada bagian komponen fuse terlebih dahulu, jika ada yang putus, maka disarankan ganti dengan yang normal menggunakan solder uap, adapun untuk cara ini, mungkin butuh orang yang sudah berpengalaman dibidangnya, karena bisa saja nanti PCB jadi hangus, atau malah membuat komponen lain yang tadinya normal jadi rusak jika dilakukan oleh pemula.

Nah, setelah yakin semua normal, maka silahkan cek komponen lain, seperti resistor, transistor, kapasitor, dan lain sebagainya, pastikan semua normal.

Setelah yakin semua normal dan ternyata masih tidak respon, maka kemungkinan masalah berikutnya ialah pada komponen chip, seperti eMMC, CPU, GPU, RAM dan sebagainya, butuh komponen kanibal untuk reparasi perangkat tersebut.

Smbr-fb TJK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar